Contoh Debat/Dialog Yang Baik Dan benar

Serikat Pekerja meminta Manajemen Perusahaan Menaikkan Upah Regional, Sementara Manajemen Perusahaan Belum bisa memenuhi permintaan dari Serikat Pekerja Tersebut.

 

KSP                 : Kepada bapak-bapak yang terhormat, dengan berkumpulnya kami disini bukan tanpa alasan, melainkan kami ingin mengajukan beberapa permintaan atau aspirasi dari sebagian besar pekerja yang bekerja di perusahaan ini. Beberapa poin dari permintaan yang kami ajukan adalah sebagai berikut.

  1. 1.    Menaikan 30% gaji pokok
  2. 2.    Menambah jam istirahat bekerja, yang semula 1 waktu menjadi 2 waktu
  3. 3.    Memberikan tunjangan pada setiap hari raya besar agama masing-masing pekerja.
  4. 4.    Mentiadakan jam tambahan atau yang sering disebut lembur bagi para pekerja
  5. 5.    Mengurangi angka PHK per tahunnya

SP 1                : Betul, jika tidak, kami akan mogok bekerja selama seminggu dan memboikot perusahaan ini.

STPM               : Tenang… Tenang…

MO                  : Begini, begini saudara-saudara semua, sebelumnya saya mau bertanya kepada anda-anda semua yang dengan gagah dan beraninya menyuarakan aspirasi anda-anda disini pada jam bekerja yang seharusnya kalian semua berada pada posisi masing-masing.

Pertama, atas dasar apa kalian tiba-tiba membuat demonstrasi seperti ini.

Kedua, dalam rangka apa hal ini terjadi dan membuat perusahaan merugi hampir 5% dari pendapatan gara-gara anda-anda semua disini berhenti bekerja?

SP                    : Kami disini sudah memberikan yang terbaik dan semaksimal mungkin kepada perusahaan ini, jadi sudah sewajarnya kamu melakukan hal seperti ini pak. Bukannya ada dalam undang-undang tenaga kerja, bahwa pekerja berhak mengajukan beberapa permintaan kepada tempat dia bekerja jika dia sudah melakukan sesuatu yang sangat maksimal.

SP 2                 : Betul sekali, bukan tanpa dasar hukum yang tidak jelas dan alasan yang tidak masuk akal kami berada disini, kami juga membawa data-data bahwa perusahaan ini, dari bulan ke bulan incomenya semakin meningkat 15% dari bulan sebelumnnya.

DIR                  : Tunggu, tapi sadarkah, kalian melakukan hal ini pada jam bekerja? Bukannya melakukan konfirmasi melalui jalur birokrasi kepada perusahaan saja, itu kan lebih dewasa dan elegan. Tidak membuat suasana menjadi kacau dan perusahaan merugi. Saya juga selaku Direktur diperusahaan ini telah membuat beberapa kebijakan dengan membuat tunjangan anak dan istri kepada kalian semua, dan mendaftarkan semua serikat pekerja kepada Jamsostek. Pihak manajemen perusahaan cenderung tidak pernah memangkas upah kalian yang menurut kami sudah sesuai UMR (Upah minimum Regional) di Kota ini.

KSP                  : Begini pak, kami rasa gaji kami masih kurang dan belum cukup untuk mencukupi kebutuhan kehidupan kami, apalagi kami disini yang sudah berkeluarga, rasanya dengan upah/gaji seperti itu tidak akan sampai pada titik sejahtera. Jadi kami mohon kebijakan bapak-bapak untuk mengkaji dan mempelajari permintaan kami. Alasan sudah kami beberkan dan kami rasa cukup jelas. Kami juga disini meminta kesediaannya untuk menandatangani nota persetujuan bahwa kesejahteraan kami akan ditingkatkan.

MO                  : Kami menerima surat nota persetujuan ini, tapi kami belum mau menandatanganinya, kami masih ingin mempelajari beberapa permintaan dari anda-anda tersebut, mungkin kami pihak perusahaan khususnya bagian operasional yang berhubungan langsung dengan pekerja akan mengabulkan beberapa permintaan, akan tetapi tidak semua kami terima.

DIR                  : Jika bisa saya menambahkan, kami disini akan memnuat nota persetujuan baru dengan isi yang telah dijelaskan oleh bapak manajer tadi, kami akan mengabulkan tetapi tidak semua, kita ambil jalan tengah atau titik temu, seperti ini. Keputusan kami sifatnya sedikit memaksa dengan syarat jika kalian mau dengan keputusan tersebut, surat akan kami buat dan tandatangani. Jika tidak, kami tidak akan mengabulkan sama sekali permintaan kalian. Bagaimana?

SP                    : Setuju… !!!!

KSP                  : Kami menyetujui keputusan ini, dengan demikian ada sedikit pencerahan kepada kami untuk memandang prospek pada perusahaan ini. Dengan demikian kami memutuskan akan segera membubarkan diri, dan saya sendiri selaku Koordinator akan menemui Bapak besok pagi untuk menandatangani surat kesepakatan tersebut dan membertiahukannya kepada pekerja lain. Terima kasih dan mohon maaf sebelumnnya.

*Keterangan

KSP                  : Koordinator Serikat Pekerja

SP                    : Serikat Pekerja

DIR                  : Direktur

MO                  : Manajer Operasional

STPM               : Satpam

About these ads

Posted on Juli 5, 2011, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: